Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Peringati Hari Pancasila di Tempat Pengasingan Bung Karno

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 01 Juni 2024, 07:39 WIB
Megawati Peringati Hari Pancasila di Tempat Pengasingan Bung Karno
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, NTT, Jumat (1/6)/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini Sabtu (1/6) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun, Megawati sendiri telah tiba di Ende sejak Jumat siang kemarin waktu setempat (31/5).

Megawati didampingi Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Komarudin, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Herman Hery, dan Anggota DPR RI terpilih 2024 Samuel Wattimena tiba di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman. Hadir pula Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, hingga Penjabat (PJ) Bupati Ende Agustinus G Ngasu,

Megawati beserta rombongan pun menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno.

Saat berada di Rumah Pengasingan Bung Karno, Megawati menyempatkan berkeliling dan melihat secara langsung barang-barang peninggalan Sang Ayah di halaman depan. Mulai dari foto-foto serta biola yang pernah dimainkan oleh Bung Karno.

Selama kurang lebih 10 menit, Megawati tampak menikmati berkeliling halaman depan Rumah Pengasingan Bung Karno.

Selanjutnya, putri Proklamator itu pun sempat melihat dari dekat tempat tidur sang ayahanda saat di Rumah Pengasingan itu. Bahkan, Megawati sempat memegang bantal yang digunakan Bung Karno saat beristirahat di situ.

Sekadar informasi, Ende terkenal dengan julukan ‘Kota Pancasila’. Itu lantaran menjadi tempat pengasingan Bung Karno selama empat tahun di era pemerintahan kolonial atau sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938, yang kemudian menginspirasi lahirnya butir-butir Pancasila.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA