Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui AHY, Muzakir Manaf Bahas Pilkada Aceh 2024 Hingga Lahan untuk Eks Kombatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 29 Mei 2024, 22:40 WIB
Temui AHY, Muzakir Manaf Bahas Pilkada Aceh 2024 Hingga Lahan untuk Eks Kombatan
Muzakir Manaf dan Agus Harimurti Yudhoyono/Dok PA
rmol news logo Meski perdamaian Aceh sudah mendekati usia 20 tahun, namun hingga saat ini realisasi lahan untuk para mantan kombatan belum terealisasi penuh.

Hal ini menjadi salah satu isu yang disampaikan oleh Muzakir Manaf saat bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Selasa (28/5).

Pada pertemuan yang berlangsung di rumah dinas Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanaha Nasional (BPN/ATR), tersebut Muzakir Manaf yang merupakan Ketua Umum Umum DPP Partai Aceh (PA) membahas persoalan Pilkada Aceh 2024 dan juga persoalan lahan untuk mantan kombatan.

Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem didampingi oleh juru bicara PA Nurzahri, Ketua DPR Aceh Zulfadli, ketua fraksi PA Tarmizi SP dan ketua penjaringan kepala daerah PA, Nurlis Effendi.

AHY sendiri didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua Demokrat Aceh Muslim dan pengurus DPP Partai Demokrat, Rian Syaf.

"Berbagai upaya sudah ditempuh antara pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Pusat yang selalu terbentur oleh birokrasi yang rumit," kata Mualem seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOLAceh.

Menurut Mualem, saat ini kondisi kesejahteraan para mantan kombatan berada di titik nadir. Oleh karena itu, dia berharap AHY sebagai Menteri ATR/BPN dapat mencari solusi atas permasalahan tersebut. Ia yakin AHY yang merupakan putra dari SBY selaku tokoh perdamaian Aceh dapat menyelesaikan persoalan mereka.

"Apalagi kinerja luar biasa AHY yang mendapat apresiasi langsung dari Presiden Jokowi," ujarnya.

Selain masalah lahan kombatan, Mualem juga menyampaikan perkembangan terkait Pilkada Aceh. Dia mengatakan, saat dirinya merupakan satu-satunya calon Gubernur di Pilkada 2024 yang memiliki persyaratan yang cukup untuk maju.

"Akan tetapi, saya menginginkan agar semua kekuatan politik di Aceh dapat bersatu untuk membangun Aceh tanpa harus bertengkar secara politik," kata Mualem.

Menanggapi hal tersebut, AHY mengatakan, masalah lahan kombatan telah masuk dalam daftar Program Strategis Nasional (PSN). Hal tersebut akan diselesaikan secepatnya oleh kementerian ATR/BPN.

"Saya berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini (lahan eks kombatan) sebagai bagian dari amanah yang diberikan oleh dua presiden, yaitu Presiden SBY dan Presiden Jokowi," kata AHY kepada Mualem

Terkait Pilkada Aceh, AHY sepakat dengan ide dan konsep yang disampaikan oleh Mualem. Dia mengatakan bahwa Partai Demokrat siap bekerjasama dengan Mualem dan PA untuk membangun Aceh secara bersama-sama.

"Serta mendukung penuh proses pencalonan Mualem sebagai Gubernur Aceh," ujar AHY.rmol news logo article


EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA