Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Ceruk Pemilih Baru, Pergantian Ketum PDIP Bawa Angin Segar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 28 Mei 2024, 11:14 WIB
Buka Ceruk Pemilih Baru, Pergantian Ketum PDIP Bawa Angin Segar
Puan Maharani bersama sang ibunda, Megawati Soekarnoputri/Ist
rmol news logo Meski PDIP berhasil mempertahankan posisi sebagai partai pemenang, jumlah suara yang diperoleh menurun dibanding Pemilu sebelumnya.

Menurut Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, diperlukan langkah strategis untuk mengembalikan kejayaan PDIP. Salah satunya dengan regenerasi kepengurusan.

"Pilihannya memang sulit bagi Ketum Megawati, apakah ingin mempertahankan rating elektabilitas PDIP yang cenderung menurun di Pileg 2024, atau melakukan pembaharuan-pembaharuan?" tutur Andi, kepada Kantor Berita Politik RMOL, di Jakarta, Selasa (28/5).

Analisis Politik Universitas Nasional itu juga mengatakan, pembaharuan kepemimpinan di PDIP diyakini akan membawa angin segar bagi partai.

Perubahan kepemimpinan dinilai akan mampu membuka ceruk-ceruk pemilih baru bagi partai, menjangkau kelompok pemilih yang selama ini mungkin merasa kurang terwakili.

"Saatnya PDIP menempatkan generasi muda dalam struktur partai, menyongsong era baru politik elektoral yang kian kompetitif dan inovatif," tambah Andi.

Seperti diketahui, kader PDIP meminta Megawati Soekarnoputri kembali menjabat sebagai ketua umum periode 2025-2030. Suara itu mengemuka pada forum Rakernas V di Ancol, Jakarta.

Megawati sendiri telah memberi sinyal agar putrinya, Puan Maharani, yang saat ini juga menjabat ketua DPP, bisa menggantikannya sebagai ketua umum.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA