Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Butuh Menkeu Sekaliber Rizal Ramli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 09 Mei 2024, 18:41 WIB
Prabowo Butuh Menkeu Sekaliber Rizal Ramli
Prabowo Subianto dan Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo Hingar bingar mengenai siapa Menteri Keuangan (Menkeu) kabinet Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terus menjadi sorotan publik.

Pasalnya Menkeu saat ini, Sri Mulyani Indrawati dinilai banyak kalangan tidak akan dipertahankan Prabowo. Sejumlah nama pun mulai beredar.

Dalam dinamika seperti ini, tiba-tiba terngiang kembali sosok mendiang Rizal Ramli di benak Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie. Menurutnya, andaikata sosok yang akrab disapa RR itu masih hidup, pilihan Prabowo pasti jatuh kepadanya.

“Andaikata Rizal Ramli masih hidup, pasti Prabowo angkat dia menjadi Menkeu. Sepak terjang beliau (RR) yang paham betul dengan kebijakan moneter dan fiskal, kemudian ditambah dengan situasi global sekarang, pasti hanya Rizal Ramli yang bisa benahi ekonomi,” ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/5).

Lanjut dia, kondisi ekonomi ke depan makin tak menentu akibat adanya perang di Timur Tengah (Timteng). Hal itu terlihat dengan naiknya harga minyak dunia, yang otomatis kurs Dolar AS di sejumlah negara juga naik.

“Menke ke depan punya program jangka pendek di triwulan pertama atau kedua, ialah menurunkan kurs Dolar. Untuk jangka panjangnya, tentu bisa membawa pertumbuhan ekonomi ke angka 6-7 persen,” jelas Jerry.

Dia pun berharap sejumlah nama yang beredar paling tidak bisa mendekati kemampuan RR. Menteri Ekonomi era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini terbukti mampu membawa ekonomi Indonesia dari situasi krisis ke kondisi yang lebih baik.

“Ya saat ini ada nama Chatib Basri, Bambang Brodjonegoro hingga Mari Elka Pangestu yang disebut-sebut jadi Menkeu di pemerintahan Prabowo. Termasuk ada nama Dirut BNI Royke Tumilaar juga saya dengar. Saya kira (mereka) harus banyak belajar dari Rizal Ramli cara mengatasi situasi krisis ekonomi,” imbuhnya. rmol news logo article   

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA