Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sinergi OIKN dan BIN Penting demi Tangkal Ancaman Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 08 Mei 2024, 14:33 WIB
Sinergi OIKN dan BIN Penting demi Tangkal Ancaman Siber
Ibukota Negara (IKN) Nusantara/Net
rmol news logo Sinergitas Badan Intelijen Negara (BIN) dan Otorita Ibukota Nusantara (OIKN) dibutuhkan dalam menghadapi perubahan lingkungan strategis yang semakin kompleks, baik dalam tatanan global maupun regional.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (Sestama BIN) Komjen Bambang Sunarwibowo sejalan dengan rencana pengoperasian IKN pada 17 Agustus 2024 atau bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 RI.

"Kerja sama erat antara IKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber," kata Komjen Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/5).

Ia pun memastikan, institusi pimpinan Jenderal (Purn) Budi Gunawan ini siap bersinergi dengan OIKN dalam rangka menguatkan sistem pertahanan dan keamanan di IKN. Salah satunya menyiapkan sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI).

Sementara itu, Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya sebelumnya mengklaim IKN akan menjadi pusat pemerintahan yang aman, modern, dan berkelanjutan.

Sistem keamanan akan mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan non militer, dan didukung pertahanan cerdas yang sedang dikembangkan Kementerian Pertahanan.

“Kami juga telah mengintegrasikan konsep smart security dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk BIN dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di IKN,” tambah Jaka. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA