Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Denmark Siap Investasi Cegah Kesenjangan Kawasan Penyangga IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 06 Mei 2024, 21:31 WIB
Denmark Siap Investasi Cegah Kesenjangan Kawasan Penyangga IKN
Pj Gubernur Kalimantan TimurAkmal Malik mendampingi Duta Besar Denmark untuk Indonesia Sten Frimodt Nielsen meninjau langsung lokasi pembangunan IKN Nusantara/Net
rmol news logo Duta Besar Denmark untuk Indonesia Sten Frimodt Nielsen berkunjung ke Kalimantan Timur. Kunjungan itu, dalam rangka melihat langsung proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kunjungan rombongan Dubes Denmark disambut langsung Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

"Hari ini kita kedatangan Duta Besar Denmark dan tim. Mereka ingin menjajaki investasi dan kontribusi Denmark terhadap IKN," kata Akmal Malik di sela jamuan makan siang di Restoran Apoeng Balikpapan, Senin (6/5).
 
Dikatakan Akmal Malik, Denmark sengaja masuk ke IKN melalui Pemprov Kaltim dengan tujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan kawasan penyangga.

Katanya, Denmark yang jauh berada di Eropa, bahkan berharap agar jangan sampai terjadi kesenjangan atau disparitas antara IKN dan kawasan penyangga.

"Luar biasa Denmark ini. Mereka bahkan memikirkan hingga sejauh itu. Jangan sampai terjadi kesenjangan atau disparitas antara new capital dengan kawasan penyangga," tuturnya.

Sebelum kondisi buruk terjadi, misal terjadi ketimpangan antara IKN dan kawasan penyangga, Denmark akan membantu dengan berbagi masukan dan pemikiran tentang bagaimana seharusnya kawasan penyangga mengambil peran.

Selain itu, masih kata Akmal, Pemerintah Denmark juga siap membantu Kaltim, terutama dalam urusan dan isu-isu lingkungan hidup.

"Jadi hari ini mereka akan melihat lebih dulu ke IKN. Makanya saya dampingi. Mudah-mudahan mereka bisa membantu kita untuk mengurangi kesenjangan itu," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA