Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hakim MK Pertanyakan Alasan Jokowi Rajin Bagikan Bansos di Jateng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 05 April 2024, 13:23 WIB
Hakim MK Pertanyakan Alasan Jokowi Rajin Bagikan Bansos di Jateng
Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra/Ist
rmol news logo Wakil Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Saldi Isra mempersoalkan aktivitas Presiden Joko Widodo yang lebih sering membagikan bantuan sosial (bansos) ke wilayah Jawa Tengah.

Hal ini dikonfirmasi Saldi kepada empat menteri Kabinet Jokowi yang hadir dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4).

Menteri yang dimaksud adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Saldi menunjukkan peta kunjungan Jokowi berkaitan dengan pembagian bansos yang dilampirkan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku pemohon gugatan.

"Kami harus menanyakan. Apa yang menjadi kira-kira memilih ke Jateng itu lebih banyak kunjungannya daripada ke wilayah lain? Ini yang berkaitan dengan kunjungan yang ada pendistribusian bansosnya. Itu yang didalilkan pemohon," tanya Saldi.

Saldi juga menanyakan sumber dana bansos yang Jokowi distribusikan di sejumlah daerah, terutama Jateng.

"Berkaitan dengan peta ini, kira-kira ini alokasi dana yang dibawa kunjungan presiden ini itu dari mana?" tanyanya lagi.

Pendalaman soal bansos dianggap penting karena didalilkan pemohon serta untuk mengklarifikasi tudingan pengerahan bansos sebagai upaya untuk memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sejumlah pertanyaan itu belum dijawab keempat menteri Jokowi. Sebab sidang sengketa Pilpres 2024 diskors dan akan kembali dilanjutkan pukul 13.00 WIB.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA