Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Aman dan Realistis, Nasdem Berpotensi Gabung KIM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 21 Maret 2024, 15:02 WIB
Cari Aman dan Realistis, Nasdem Berpotensi Gabung KIM
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh bersama jajarannya/RMOL
rmol news logo Partai Nasdem mengumumkan pihaknya menerima hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024  baik pada Pilpres maupun Pileg.

Tidak sampai di situ, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga mengucapkan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dengan begitu, Nasdem berpeluang besar gabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) ke depannya.

Meski, di sisi lain pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendaftarkan gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menyikapi hal ini, Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago, menilai bahwa perbedaan sikap Nasdem dan Anies dalam menanggapi hasil pilpres terjadi karena adanya  perbedaan kepentingan parpol dengan paslon terhadap hasil pilpres.

"Paslon (Anies) memperjuangkan haknya dan pendukungnya yang tidak puas dengan hasil pemilu. Sedangkan Nasdem tentu berhitung kepentingan dengan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Arifki kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (21/3).

Bisa jadi ini memberikan sinyal Nasdem bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju terbuka.

"Karena dengan lebih awal mengakui kemenangan Prabowo-Gibran dari parpol koalisi 01 dan 03. Nasdem dinilai memperkuat legitimasinya untuk ikut dengan pemerintahan selanjutnya. Pada sisi lain, mungkin saja Nasdem menilai ini pilihan realistis yang ada saat ini," ujar Arifki.

Surya Paloh sebelumnya menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan Surya Paloh, usai KPU mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu dan Pilpres 2024.

"Partai Nasdem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden," ucap Paloh saat konferensi pers di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu malam (20/3).

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA