Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejumlah Nama Masuk Bursa Bakal Calon Bupati Tapsel 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 11 Maret 2024, 21:40 WIB
Sejumlah Nama Masuk Bursa Bakal Calon Bupati Tapsel 2024
Arifin Saleh Siregar/RMOLSumut
rmol news logo Di tengah penghitungan hasil Pemilu 2024 yang sedang berproses dan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, sejumah nama disebut-sebut masuk ke bursa bakal calon Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) masa jabatan 2024-2029. Nama-nama ini dihimpun wartawan dari berbagai sumber, termasuk dari diskusi di berbagai tempat, dan juga pembicaraan di warung-warung kopi.

Nama-nama yang muncul di antaranya tentu saja pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel yang sekarang, yakni Dolly Pasaribu dan Rasyid Assaf Dongoran. Hanya saja banyak pihak yang yakin bahwa keduanya tidak akan menjadi pasangan lagi dalam Pilkada 2024 ini.

Nama bakal calon lainnya yang disebut-sebut muncul dari lembaga legislatif DPRD Tapsel. Mereka adalah Abdul Basyid Dalimunthe (Ketua DPRD Tapsel), Rahmat Nasution (Wakil Ketua DPRD/Ketua Partai Golkar), Borkat (Wakil Ketua DPRD/Ketua PAN), dan Mukmin Saleh Siregar (Anggota DPRD Tapsel dari Partai Nasdem), Muhammad Rawi Ritonga (Anggota DPRD Tapsel dari Partai Golkar).

Dari kalangan lainnya yang disebut-sebut akan menjadi bakal calon Bupati Tapsel mendatang adalah Aditya Rizky Pasaribu (anak mantan Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu), Ja'far Syahbuddin Ritonga (Pengusaha/Pemilik Pesantren), Muhammad Iqbal Harahap (Pengusaha), Yuriandi Siregar (Pengusaha), dan Robby Agusman Harahap (Pengusaha/Ketua Partai Nasdem Padangsidimpuan).

Pengamat sosial politik Dr. Arifin Saleh Siregar, MSP ketika diminta komentarnya soal bursa bakal calon Bupati Tapsel ini menyatakan bahwa munculnya sejumlah nama adalah hal yang wajar dalam perhelatan proses Pilkada di sebuah daerah. “Kenapa nama-nama itu yang muncul, tentu saja selain sudah mulai dikenal juga sudah mendapat tempat di hati dan pikiran beberapa anggota masyarakat,” ujarnya, Senin (11/3).

Lebih lanjut, Dekan FISIP UMSU ini menyampaikan dalam politik pilkada, termasuk Pilkada Tapsel 2024 ini, setahun atau beberapa bulan sebelum tahap pendaftaran, nama-nama yang diyakini bakal maju menjadi calon Bupati Tapsel pasti sudah beredar. “Hanya saja, banyaknya nama bakal calon yang disebut-sebut, bisa jadi karena adanya anggapan bahwa tidak ada calon bupati yang kuat atau setiap calon diyakini akan bisa memenangkan Pilkada Tapsel 2024,” ujar Arifin lagi.

Seperti diketahui, pencoblosan Pilkada Serentak Tahun 2024 akan dilaksanakan 27 November 2024. Pendaftaran pasangan calon 27-29 Agustus 2024. Penetapan pasangan calon 22 September 2024. Pelaksanaan kampanye 25 September sampai 23 November 2024.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA