Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Ingatkan Jokowi, Krisis Beras Bisa Picu Krisis Sosial dan Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 05 Maret 2024, 19:24 WIB
PDIP Ingatkan Jokowi, Krisis Beras Bisa Picu Krisis Sosial dan Politik
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima/RMOL
rmol news logo Tidak terpenuhinya kebutuhan beras untuk masyarakat jelang bulan suci Ramadan berpotensi menimbulkan krisis politik dan sosial.

Demikian disampaikan politisi PDIP Aria Bima di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (5/3).

"Saya khawatir, kalau sampai kebutuhan beras nasional ini akan tidak mencukupi demand-nya, akan menjadi krisis sosial dan potensial jadi krisis politik, situasi ada pilkada di bulan November," kata Aria Bima.

Aria Bima yang juga wakil ketua Komisi VI DPR menambahkan, sejumlah negara di Asia saat ini telah membatasi ekspor beras. Sehingga Indonesia bakal sulit mengimpor beras saat memiliki kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi di dalam negeri.

"Pada situasi normal itu bisa-bisa saja kita langsung bersandar pada pangan impor, yang mungkin hanya membutuhkan sekitar dua minggu untuk beras itu sampai ke kita," paparnya.

Ia lantas mengurai, untuk tingkat kebutuhan nasional, panen baru akan terjadi pada April 2024. Setelah panen, masih membutuhkan satu bulan untuk dikeringkan untuk diseleksi kemudian disalurkan ke pasar.

"Jadi April-Mei itu baru ada (stok beras lagi), sementara kita sebentar lagi masuk bulan puasa Ramadan dan Idulfitri," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA