Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Petahana DPRD Provinsi Dapil I Bandar Lampung Diprediksi Gagal Lolos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 04 Maret 2024, 00:47 WIB
5 Petahana DPRD Provinsi Dapil I Bandar Lampung Diprediksi Gagal Lolos
DPRD Provinsi Lampung/Net
rmol news logo Hingga saat ini proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 masih berlangsung di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Kepastian mengenai parpol yang memperoleh kursi di DPRD Provinsi Lampung untuk setiap daerah pemilihan (dapil) baru akan diketahui setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara selesai.

Kantor Berita RMOLLampung mencoba membuat prediksi perolehan kursi dan caleg yang berhasil duduk di DPRD Lampung, berdasarkan perolehan suara sementara yang diunggah di laman pemilu2024.kpu.go.id.

Berdasarkan penghitungan menggunakan metode Sainte Lague, Gerindra unggul dengan perolehan 16 kursi dari 8 dapil yang ada. Disusul PDIP 14 kursi, Golkar dan PKB 11 kursi, Nasdem dan Demokrat 9 kursi, PAN 8 kursi dan PKS 7 kursi.

Gerindra unggul di DPRD Provinsi Dapil I Bandar Lampung jika dilihat dari data yang masuk ke real count KPU 99,79 persen. Gerindra dan Nasdem bertambah 1 menjadi dua kursi. Sementara PKB yang sebelumnya tidak punya kursi di Dapil I, kini mendapatkan dua kursi.

Kemudian, PDIP yang sebelumnya memiliki 4 kursi harus puas dengan hanya 1 kursi. PKS yang semula dua kursi, kini tersisa satu. Sementara, Partai Golkar, dan Demokrat bertahan dengan 1 kursi.

Dari perolehan tersebut, diperkirakan setengah petahana DPRD Lampung Dapil I Bandar Lampung tumbang. Lima orang yang gagal kembali ke gedung dewan yakni Apriliati (PDIP), AR Suparno (PDIP), Lenistan Nainggolan (PDIP) Syarif Hidayat (PKS), dan Azwar Yacub (Golkar).

Lima yang menggantikan mereka yakni Taufik Rahman (PKB), Handitya Narapati (Golkar), Andika Wibawa Sepulau Raya (Gerindra), Naldi Rinara (Nasdem) dan Najiullah Syarif (PKB).

Sementara, petahana yang bertahan adalah Kostiana (PDIP), Ade Utami Ibnu (PKS), Yusirwan (PAN), Budiman AS (Demokrat), Rahmat Mirzani Djausal (Gerindra) dan Fauzan Sibron (Nasdem).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA