Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jakarta, Harga Beras Mulai Turun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 03 Maret 2024, 18:12 WIB
Di Jakarta, Harga Beras Mulai Turun
Pasar Menteng Pulo, Jakarta/Net
rmol news logo Perlahan, harga beras mulai terkendali. Bahkan di sejumlah wilayah di Jakarta mengalami penurunan sebesar seribu hingga dua ribu rupiah, pada Minggu (3/3).

Seperti terjadi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pedagang Sembako menjual beras dengan harga Rp13.000, lebih murah dibanding awal bulan lalu, Rp15.157.

Penurunan harga juga terjadi di Pasar Jaya Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Beras lokal kategori paling bawah dijual seharga Rp15.000 dan beras lokal berkualitas 50 kg masih stabil di Rp950.000.

“Beras lokal kualitas premium paling tinggi itu masih di harga Rp19.000 per kilo, belum turun,” kata salah seorang pedagang, Ipung.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik, M Habibullah, mengatakan, harga beras tak akan naik drastis jika stok mencukupi.

Dia juga mengatakan, pasokan beras bisa dipenuhi dari yang tersimpan di petani, gudang Perum Bulog, milik swasta, hingga cadangan beras pemerintah (CBP).

"Namun, dalam mekanisme pembentukan harga di pasar oleh pedagang, biasanya juga ada efek psikologis, seperti keraguan lancarnya pasokan akibat produksi beras menurun," kata Habibullah.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA