Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beri Tanda Kehormatan Prabowo, Jokowi Ingatkan Kewaspadaan Hadapi Dinamika Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 28 Februari 2024, 20:32 WIB
Beri Tanda Kehormatan Prabowo, Jokowi Ingatkan Kewaspadaan Hadapi Dinamika Global
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Mabes TNI, CIlangkap, Jakarta, Rabu (28/2)/Ist
rmol news logo Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto resmi mendapatkan kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal Bintang 4 TNI pada hari ini Rabu (28/2).

Tanda kehormatan itu diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo karena dedikasi kepada negara dan bangsa.

“Ini merupakan penghargaan juga peneguhan dedikasi kepada rakyat, bangsa, dan negara serta telah melalui verifikasi dari Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, serta sesuai UU Nomor 20 Tahun 2009,” kata Jokowi dalam akun media X pribadinya, Rabu (28/2).

Menurut Jokowi, Prabowo Subianto sebelumnya pada 2022 sudah menerima anugerah Bintang Yudha Dharma Utama atas jasa-jasanya di bidang pertahanan, sehingga memberikan kontribusi yang konsisten serta luar biasa bagi kemajuan TNI dan negara.

“Kemudian berdasarkan usulan Panglima TNI, saya pun menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan,” ungkapnya.

Terlepas itu, Jokowi juga mengingatkan tantangan global yang dihadapi bangsa Indonesia ke depan.

“Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk ketidakpastian ekonomi global, konflik geopolitik, dan dampaknya terhadap ekonomi nasional, sehingga sangat penting menjaga stabilitas ekonomi Indonesia sekaligus waspada dalam menghadapi kompetisi global yang semakin kompleks,” bebernya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta TNI dan Polri perlu beradaptasi dengan teknologi, termasuk perang siber dan penggunaan drone, serta memperkuat profesionalisme, pelayanan terhadap masyarakat, dan sinergi antarkesatuan.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri atas komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, serta memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung aman dan damai.

“Berikutnya masih ada sejumlah tahapan Pemilu hingga Oktober 2024 yang perlu terus dijaga bersama,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA