Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Usul Pemilu Tingkat Nasional dan Lokal Dipisah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 27 Februari 2024, 21:50 WIB
Nasdem Usul Pemilu Tingkat Nasional dan Lokal Dipisah
Anggota Komisi II DPR RI Aminurokhman/Ist
rmol news logo Usulan pemisahan waktu penyelenggaraan pemilu di tingkat nasional dan lokal bisa menjadi opsi pembahasan di DPR saat evaluasi bersama penyelenggara pemilu.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPR RI  Aminurokhman menyikapi beban kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dinilai terlampau berat.

“Pemilu dengan lima kotak itu memang benar-benar membuat beban kerja yang berlebih buat petugas di lapangan,” kata Amin lewat keterangan resminya, Selasa (27/2).

Menurut politikus Partai Nasdem itu, pemungutan dan penghitungan suara yang terbatas waktu menjadi persoalan yang terus berulang.

"Ini saya kira secepatnya bisa kita evaluasi," tegas mantan Walikota Pasuruan dua periode itu.

Amin menambahkan, di tingkat pusat, pemilih memberikan hak suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden, DPR, serta DPD. Sedangkan pemilu tingkat lokal terdiri dari pemilu DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

“Kita tekankan bukan hanya pemilu yang jujur dan adil, tetapi dari sisi tegaknya demokrasi. Kejanggalan-kejanggalan sejak awal proses pemilu hingga persoalan penggunaan teknologi dari sistem penghitungan juga perlu dievaluasi,” tandasnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA