Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cak Imin: Terima Kasih Sudah Memilih PKB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Februari 2024, 10:54 WIB
Cak Imin: Terima Kasih Sudah Memilih PKB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/RMOL
rmol news logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencatatkan kenaikan suara yang signifikan dalam hasil pemilihan legislatif 2024. Berdasarkan real count sementara KPU, PKB menempati posisi keempat dengan 11,8 persen suara.

Dengan pencapaian yang mengesankan ini, PKB menegaskan posisinya sebagai kekuatan politik yang kian menguat di tengah arus politik nasional.

"Terima kasih sudah memilih PKB," tulis Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melalui instastory miliknya, Kamis (22/2).

Majunya Cak Imin sebagai Cawapres mendampingi Anies Baswedan diduga menjadi salah satu faktor kuat meningkatnya suara PKB.

PKB mendapat keuntungan efek ekor jas karena pasangan Amin (Anies-Muhaimin) mendapat nomor urut 1, atau sama seperti nomor urut PKB.

Berdasarkan tabulasi data nasional internal partai, perolehan suara PKB untuk DPR RI, naik signifikan dari Pileg 2019 ke Pileg 2024, yakni naik 6.007.425 suara (2,41 persen) dari 13.570.097 (9,69 persen) di Pileg 2019 menjadi 19.577.522 suara (12,1 persen) di Pileg 2024.

Dijelaskan Direktur Pileg DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, kenaikan 23 kursi PKB terjadi di Jawa Timur dengan 3 kursi (Jatim II, Jatim VIII dan Jatim X), Jawa Barat dengan 5 kursi (Jabar I, Jabar II, Jabar IV, Jabar VI dan Jabar XI), Banten dengan 2 kursi (Banten I dan Banten II).

Kemudian Sumatera dengan 5 kursi (Sumbar I, Sumut I, Sumut III, Riau I, Sumsel I), Kalimantan dengan 2 kursi (Kaltim dan Kalteng), Sulawesi dengan 3 kursi (Sulteng, Sulbar, Sultra), NTB 1 kursi (NTB I), Maluku 1 kursi (Maluku Utara) dan Papua 1 kursi (Papua Selatan).

"Alhamdulillah dari existing 58 kursi yang sekarang di Senayan ini aman semuanya dan akan ada penambahan dari kenaikan jumlah suara ini menjadi 81 kursi," kata Cucun beberapa waktu lalu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA