Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Geser Demokrat, Golkar Pimpin Perolehan Suara Caleg DPR di Tanah Rencong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 21 Februari 2024, 01:19 WIB
Geser Demokrat, Golkar Pimpin Perolehan Suara Caleg DPR di Tanah Rencong
Jajaran pengurus DPD 1 Golkar Aceh/Net
rmol news logo Perolehan suara sementara Pemilihan Anggota Legislatif DPR RI 2024 di Dapil Aceh I dan II masing-masing dipimpin oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar.

Suara Golkar di Aceh jika diakumulasikan dari kedua dapil tersebut mencapai 239.086 berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL pada hasil real count KPU pukul 01.20 Wib, Rabu (21/2). Sementara suara PKB dari dapil di Aceh jika diakumulasikan sebanyak 225.303.

Dengan demikian, perolehan sementara di Tanah Rencong dipegang oleh partai berlambang beringin.

T. Zulkarnaini Ampon Bang menjadi jagoan Golkar di Dapil Aceh I dengan perolehan suara 43.205. Dia dibayangi oleh Salim Fakhry di peringkat kedua dengan perolehan suara 35.453.

Sedangkan Ketua DPD Golkar Aceh, TM. Nurlif yang merupakan Caleg DPR RI nomor urut satu harus puas di peringkat ketiga dengan perolehan suara 15.481.

Sementara di Dapil Aceh II, perolehan suara Caleg DPR partai beringin dipimpin oleh Ilham Pangestu dengan jumlah fantastis sebanyak 83.879 suara.

Pada 2019, Partai Demokrat memperoleh puncak klasemen dalam perolehan suara Caleg DPR RI di Provinsi Aceh dengan prosentase 16,11 persen. Dua jagoan Demokrat asal Aceh Teuku Riefky Harsya dan Muslim memperoleh suara terbanyak di kedua dapil di Aceh.

Dalam Pileg 2024 ini, keduanya juga unggul dalam perolehan suara Demokrat. Namun suara total partai di kedua dapil di Aceh hanya mencapai 80.252. Jumlah tersebut berada di bawah Golkar, PKB, Nasdem, Gerindra dan PAN.  rmol news logo article     

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA