Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD Desak Ada Audit Independen Sirekap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 Februari 2024, 16:06 WIB
Mahfud MD Desak Ada Audit Independen Sirekap
Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD/Net
rmol news logo Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk mengakumulasi perolehan suara peserta Pemilu 2024, dinilai kacau oleh Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD.

Mahfud mendapati temuan masalah perolehan suara yang termuat dalam Sirekap tidak sesuai dengan yang tercatat di formulir C.Hasil Plano, seharusnya menjadi alasan dilakukannya audit oleh lembaga independen.

"Kekacauan Sirekap Digital KPU perlu dijawab dengan dilakukannya Audit Digital Forensic atas Sirekap dan Sistem Data Server KPU," ujar Mahfud melalui media sosial X, Selasa (20/2).

Dia memandang Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) tidak bisa mengklaim Sirekap sudah diaudit oleh lembaga berwenang.

Justru menurut Mahfud, audit oleh lembaga di luar pemerintahan dapat memastikan masalah selisih data perolehan suara yang termuat di Sirekap bisa ditemukan dan terungkap jelas.

"Yang mengaudit harus lembaga independen, bukan lembaga yang berwenang. Sudah deras usul dari masyarakat agar KPU memenuhi usul dilakukannya audit digital tersebut," demikian Mahfud. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA