Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Tetap Tenang dan Bersabar Menanti Hasil Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 Februari 2024, 20:02 WIB
Muhammadiyah Imbau Masyarakat Tetap Tenang dan Bersabar Menanti Hasil Pemilu
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir/Net
rmol news logo Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya partai politik dan para calon anggota legislatif, serta para calon presiden-wakil presiden dan para pendukungnya untuk tetap tenang hingga hasil pemilihan umum keluar.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (14/2), PP Muhammadiyah mengapresiasi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan pemilu sehingga berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Kendati demikian, untuk menghindari perpecahan pasca pemilu, Muhammadiyah memperingatkan agar masyarakat tidak cepat-cepat menyimpulkan hasil pemilu berdasarkan quick count, dan menunggu hingga hasil akhirnya keluar.

"Semua pihak hendaknya tidak terburu-buru mengambil kesimpulan hasil pemilu berdasarkan Quick Count yang disampaikan oleh lembaga- lembaga survei," bunyi pernyataan tersebut.

Kepada pasangan capres-cawapres yang menang, Muhammadiyah mengingatkan agar tidak jumawa dan euforia yang berlebihan. Sementara yang kalah diminta untuk lebih berbesar hati menerima hasil pemilu.

"Semua pihak hendaknya tetap menjaga situasi yang kondusif dengan tetap menjaga sikap saling menghormati dan tenggang rasa," tambahnya.

Muhammadiyah menyarankan agar, pihak yang keberatan dengan hasil pemilu dapat menempuh jalur Mahkamah Konstitusi dan tidak mengerahkan massa yang berpotensi memicu kekerasan dan konflik horizontal.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA