Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD Ziarah Mama Bintang di Ponpes Al Hasaniyyah Cicurug

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 09 Februari 2024, 14:52 WIB
Mahfud MD Ziarah Mama Bintang di Ponpes Al Hasaniyyah Cicurug
Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD/Net
rmol news logo Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasaniyyah di daerah Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat pagi (9/2).

Kedatangan Mahfud untuk bersilaturahmi dengan para pengasuh ponpes, sekaligus berziarah ke makam KH Muhammad Hasan Basri atau biasa disebut Mama Ajengan Bintang.

Menyambut kedatangan Mahfud, Pimpinan Ponpes Al Hasaniyyah, KHR Rahmat Fauzi mengapresiasi niat baik untuk mengunjungi ponpes dan berziarah ke makam Mama Bintang.

"Karena kita punya nilai, terutama dari nilai agama. Bagi siapa yang mengaku sebagai orang yang beriman, anjuran nabi supaya memperbanyak memperluas tali silaturahmi," kata Kiai Rahmat.

Dia mengatakan, pihaknya juga melakukan diskusi dengan Mahfud perihal nilai-nilai kepesantrenan dan peran penting institusi pesantren dalam mencerdaskan bangsa.

"Kita bicara tentang nilai pesantren saja yang berkaitan kenegaraan. Dalam arti bahwa seperti apa posisi pesantren yang memang tidak langsung mengemban amanah undang-undang dasar, dalam arti mencerdaskan bangsa," ujarnya.

Kiai Rahmat juga menjelaskan profil Mama Bintang yang makamnya dikunjungi Mahfud. Katanya, Mama Bintang merupakan tokoh tersohor di Sukabumi dan berhasil mendirikan Ponpes Al Hasaniyyah pada tahun 1870.

"Muhammad Hasan Basri basri ini mulai mendirikan pesantren dan majelis taklim ini di kisaran tahun 1870, berarti masih VOC-an," katanya.

"Sampai hari ini kita menjaga, melestarikan, memelihara apa yang menjadi perjuangan beliau dari mulai era kolonial sampai kemerdekaan," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA