Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD: Bukan Civil Society, Kita Membangun Masyarakat Beradab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 08 Februari 2024, 17:13 WIB
Mahfud MD: Bukan Civil Society, Kita Membangun Masyarakat Beradab
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD/Ist
rmol news logo Eksistensi bangsa Indonesia tidak lepas dari peran ulama dan tokoh kebangsaan lainnya. Perjuangan saat itu, yang kemudian melahirkan Indonesia sebagai bangsa madani dan beradab

Begitu dikatakan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD saat menghadiri Halaqah Kebangsaan di Ponpes Abu Syamsuddin, Kelurahan Simolawang, Kecamatan Simokerto, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam konteks membangun negara, dikatakan Mahfud, para pendahulu bangsa telah menciptakan negara yang beradab. Artinya negara dengan kehidupan masyarakat yang berperilaku dan berpikir baik.

"Kita ini bukan membangun civil society dalam arti bahasa barat, tapi membangun masyarakat madani, masyarakat yang beradab," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2).

Mahfud mengatakan, para pendahulu bangsa, terutama para ulama sudah memberikan nilai-nilai tersebut melalui pendidikan formal, informal, maupun non formal. Salah satunya adalah pesantren.

"Di Tanah Air ini kita sebagai orang beragama bisa maju, seperti orang Islam sekarang maju. Itu karena kita punya Tanah Air yang dikelola dengan cara peradaban," tuturnya.

Oleh sebab itu, Mahfud mengajak ulama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membangun negara yang semakin beradab dengan nilai-nilai luhur yang sudah dicontohkan para pendahulu bangsa.

"Masyarakat yang beradab, setuju hidup bersama di dalam perbedaan dan bekerja sama di dalam membangun negara dan bangsa," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA