Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamendag Jerry Dukung Kolaborasi Swasta dan Pemda untuk Perkuat Ekosistem UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 27 Januari 2024, 22:50 WIB
Wamendag Jerry Dukung Kolaborasi Swasta dan Pemda untuk Perkuat Ekosistem UMKM
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga/Ist
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berkomitmen mendukung perluasan akses pemasaran bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui program kolaborasi antara pihak swasta dan pemerintah daerah.

Begitu dikatakan disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam sambutannya pada pembukaan secara resmi Factory Outlet Cikarang Baru Trade Center di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Konsep gerai pabrik (factory outlet) ini sangat baik sekali. Pelaku usaha berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membantu mengembangkan gerai UMKM, khususnya di Cikarang, Kabupaten Bekasi," ujar Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/1).

Konsep kolaborasi UMKM, kata dia, bukan hal baru. Katanya, sebagai salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia, ekosistem UMKM memang harus diperkuat dengan pilar lain, seperti lokapasar, ritel modern, dan lembaga pembiayaan.

Empat pilar tersebut, lanjutnya, memiliki peran masing-masing. Ritel modern dapat menampung produk UMKM dan membantu logistik, lokapasar dapat membantu memasarkan produk dari UMKM agar dikenal luas, serta lembaga pembiayaan dan perbankan dapat membantu permodalan agar dapat menembus pasar ekspor.

Lebih lanjut, Kementerian Perdagangan juga menjalin kerjasama dengan pihak perbankan nasional untuk menyalurkan pendanaan bagi UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat.

Politisi Partai Golkar itu menekankan, adanya bantuan permodalan diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas produksi dalam memenuhi permintaan pasar.

Adapun Pemerintah Kabupaten Bekasi ingin menciptakan wisata industri, berupa kunjungan pabrik melalui gerai pabrik tersebut. Pengunjung nantinya bisa membeli cinderamata dari UMKM yang berlokasi di kawasan wisata industri.

Bagi produk UMKM yang memiliki potensi ekspor, Kementerian Perdagangan dapat memberikan bantuan pelatihan dan akses ke perwakilan perdagangan di 46 negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA