Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sosok Tom Lembong Diungkap Anies, Pernah Jadi Penulis Pidato Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 22 Januari 2024, 15:52 WIB
Sosok Tom Lembong Diungkap Anies, Pernah Jadi Penulis Pidato Jokowi
Kebersamaan Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Co-Kapten Timnas Amin, Thomas Trikasih Lembong saat live TikTok/net
rmol news logo Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan berkomentar soal nama Co-Kapten Timnas  Amin, Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong yang berulang kali disebut Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat yang digelar KPU, Minggu malam (21/1).

"Mungkin ada yang kangen sama Tom," kata Anies sambil tersenyum usai berkampanye di Stadion Mini Cikarang Utara, Bekasi, Senin (22/1).

Anies pun menceritakan sosok Tom Lembong yang disebut Gibran sebanyak 3 kali dalam debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

"Tom itu dulu penulis pidato (untuk Presiden Joko Widodo). Tanyain saja berapa kali nulis pidato," sambung Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Diketahui, Tom sempat ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Perdagangan periode 2015-2016. Dia kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Tom adalah orang di balik layar yang menulis beberapa pidato Jokowi yang paling ikonik. Salah satunya adalah pidato "Game of Thrones" yang dibacakan Jokowi pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 2018.

Dia juga menjadi penyusun pidato "Thanos" yang dibacakan Jokowi di Forum Ekonomi Dunia. Saat ini, Tom bertugas di Dewan Penasihat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan Dewan Penasihat Internasional Plastic Omnium, perusahaan komponen otomotif di Prancis.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA