Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo Budi Arie Setiadi Ditunjuk Jadi Menlu Ad Interim, Kemlu RI: Itu Hal Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 22 Januari 2024, 13:41 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi Ditunjuk Jadi Menlu Ad Interim, Kemlu RI: Itu Hal Biasa
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi/Net
rmol news logo Penunjukkan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Luar Negeri (menlu) ad interim telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Jurubicara Kemlu Lalu Muhammad Iqbal pada Senin (22/1) menjelaskan bahwa penunjukkan itu sudah biasa dilakukan saat Menlu RI Retno sedang bertugas di luar negeri.

"Penunjukan menteri ad interim ini hal biasa dalam pemerintahan sejak dulu, saat menteri sedang tidak berada di Indonesia," ungkapnya.

Iqbal kemudian mengambil contoh di mana dulu, Menlu Retno pernah ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ad interim.

Lebih lanjut, Iqbal mengungkap saat ini jadwal Menlu RI di luar negeri sangat padat. Berbagai pertemuan dengan mitra dilakukan untuk menyelesaikan krisis Gaza.

"Menlu saat ini sedang di New York untuk hadiri debat DK PBB mengenai Gaza dan melakukan sejumlah pertemuan dengan beberapa mitra menlunya," kata Iqbal.

Jubir Kemlu menambahkan, di waktu yang sama Wakil Menlu Pahala Mansury juga sedang berada di Kampala mewakili Indonesia untuk pertemuan Gerakan Non Blok.

Berdasarkan surat Menlu bernomor 017/BK/01/2024/01 tanggal 17 Januari 2024, Presiden RI Joko Widodo menunjuk Menkominfo sebagai menlu ad interim selama Menlu Retno Marsudi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri  pada tanggal 21 s.d. 22 Januari 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA