Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Minta PPATK Usut Aliran Dana ke Bendahara Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 11 Januari 2024, 20:08 WIB
Anies Minta PPATK Usut Aliran Dana ke Bendahara Parpol
Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait aliran Rp195 miliar dari luar negeri ke 21 rekening bendahara partai politik (Parpol) disikapi Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan.

"Dinilai saja, apakah ada aliran yang tidak sah atau bermasalah," jelas Anies, saat berkampanye di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1).

Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa, itu menyerahkan kepada pihak berwenang mengusut tuntas temuan itu.

"Aliran ya aliran, tapi apakah ada masalah apa tidak, silahkan dinilai," sambung Anies.

Seperti diberitakan, Rabu (10/1), Kepala PPATK Ivan Yustiavandana membeberkan temuan penerimaan dana ratusan miliar rupiah dari luar negeri, melalui transaksi rekening bendahara 21 partai politik sepanjang 2022—2023.

Ivan menyebut, ada 8.270 transaksi dari 21 partai politik pada 2022. Penerimaan makin meningkat, atau menjadi 9.164 transaksi pada 2023.

"Mereka termasuk yang kita ketahui telah menerima dana dari luar negeri. Pada 2022, penerimaan dana hanya Rp83 miliar, pada 2023 meningkat jadi Rp195 miliar," katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA