Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Kemandirian Pangan, Cak Imin Janji Hentikan Impor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 03 Januari 2024, 21:55 WIB
Dorong Kemandirian Pangan, Cak Imin Janji Hentikan Impor
Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar/Ist
rmol news logo Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berkeinginan menghentikan impor pangan. Dia mendorong Indonesia harus betul-betul mandiri di bidang pangan.

Hal ini disampaikan Cak Imin usia berdialog dengan Petani dalam acara "Nitip Gus, Petani Sejahtera bersama Amin (Anies-Muhaimin)", di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/1).

“Impor kita harus hentikan, syukur-syukur sampai kita betul-betul mandiri di bidang pangan,” tegas Cak Imin.

Untuk mewujudkan komitmen ini, Cak Imin telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Menurutnya, jika pertanian produktif, para petani akan mendapat untung. Sehingga semakin sejahtera.

“Kalau pertanian kita produktif, petani untung, kaum muda juga mau bertani, semakin banyak produksi yang berkualitas kita tidak akan mengandalkan impor lagi,” beber Cak Imin.

Pemerintah, lanjut Cak Imin, harus mendengarkan dan melibatkan petani dalam setiap mengambil kebijakan. Sehingga anggaran untuk pertanian akan sampai kepada petani. Bahkan anggaran itu juga harus mulai digeser ke bawah.

“Petani ini harus didengar masukannya sehingga tidak lagi ada beli alat pertanian yang nggak kepakai (tidak digunakan) di bawah. Banyak sekali terjadi dan ini karena anggarannya tersentralistik di pusat,” jelasnya.

“Karena itu anggaran harus mulai digeser di bawah supaya belanja alat-alat pertanian disesuaikan dengan kebutuhan riil masing-masing daerah yang berbeda-beda. Di situ lah keberanian pemerintah untuk lebih memprioritaskan kondisi lokal masing-masing,” tutup jagoan Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA