Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catatan Akhir Tahun 2023: Politik Penuh Kekanak-kanakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 01 Januari 2024, 08:35 WIB
Catatan Akhir Tahun 2023: Politik Penuh Kekanak-kanakan
Bendera partai politik peserta Pemilu 2024/RMOL
rmol news logo Kondisi perpolitikan Indonesia sepanjang tahun 2023 menurun drastis secara kualitas dibanding tahun sebelumnya.

Demikian antara lain catatan Partai Garuda dalam merangkum perilaku para pelaku politik Tanah Air sepanjang tahun 2023 yang disibukkan dengan momentum pesta demokrasi lima tahunan, Pemilu Serentak 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi mencermati, secara keamanan kondisi politik Indonesia di tahun 2023 membaik walaupun terus digempur berbagai peristiwa.

"Tapi secara kualitas beberapa pelaku politik menurun drastis dari sebelumnya. Penuh dengan politik kekanak-kanakan," kritik Teddy dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/1).

Dewasa ini, iklim yang dibangun pelaku politik lebih banyak diisi dengan narasi fitnah untuk menyerang lawan politik. Tentu hal ini dilakukan demi kepentingan elektoral 2024.

"Apa saja dan siapa saja dijadikan bahan fitnah, termasuk lembaga negara. Bahkan Presiden Jokowi dan keluarganya difitnah secara membabi-buta dengan narasi yang tidak masuk akal," jelas Teddy.

Kondisi ini membuat demokrasi di Indonesia menjadi tidak dewasa karena iklim politik yang seharusnya diisi adu gagasan justru malah saling serang menggunakan fitnah dan kampanye hitam.

"Meminjam pernyataan Pak Prabowo, 'sudahlah, kita ini bukan anak kecil lagi'. Pernyataan ini sangat tepat dalam mewakili catatan akhir tahun Partai Garuda," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA