Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penumpang Tembus 1 Juta dalam Dua Bulan, Menhub: Whoosh Hadir Menjawab Kebutuhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 29 Desember 2023, 12:59 WIB
Penumpang Tembus 1 Juta dalam Dua Bulan, Menhub: Whoosh Hadir Menjawab Kebutuhan
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh/Net
rmol news logo Sejak mulai dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 lalu, jumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung "Whoosh" sudah tembus di angka 1 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, capaian itu membuktikan adanya animo yang tinggi dari masyarakat pada eksistensi kereta cepat yang sudah menjadi kebutuhan.

"Alhamdulillah, Whoosh hadir untuk menjawab kebutuhan konektivitas antar wilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/12).

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan rute Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Kata Budi Karya, kehadiran kereta cepat ini, telah menempatkan Indonesia melaju sejajar dengan negara maju.

Lanjutnya, kehadiran kereta cepat tidak hanya memenuhi kebutuhan bertransportasi, tetapi juga memberikan efek berganda lainnya. Di antaranya menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, membuka lapangan pekerjaan, adanya alih teknologi yang dapat meningkatkan kualitas SDM nasional.

"Saya mengapresiasi PT KCIC atas capaian ini, semoga pelayanan yang diberikan semakin baik ke depannya," tuturnya.

Berdasarkan data PT KCIC dari sistem tiketing mulai 17 Oktober hingga 25 Desember 2023, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 1.028.216 orang.

Adapun jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan kereta Whoosh telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari, termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA