Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wujudkan Konektivitas Indonesia, Kemenhub Bangun Bandara Hingga Penjuru Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 29 Desember 2023, 11:21 WIB
Wujudkan Konektivitas Indonesia, Kemenhub Bangun Bandara Hingga Penjuru Negeri
Peresmian Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan/Ist
rmol news logo Kementerian Perhubungan membangun sejumlah bandara hingga ke penjuru negeri. Dalam waktu 2015-2023, telah dilakukan pembangunan bandara baru di 25 lokasi dan revitalisasi bandara di 38 lokasi, sebagai langkah mewujudkan konektivitas antar wilayah secara merata.

Beberapa bandara yang telah selesai dibangun diantaranya yakni: Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan; Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dan Bandara Mentawai di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Ketiga bandara ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun untuk membuka keterisolasian wilayah di kawasan tertinggal, terluar, terpencil, dan perbatasan (3TP).

"Ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, JUmat (29/12).

Bandara Ewer yang diresmikan pada Juli 2023, memiliki terminal bandara seluas 488 m2, atau lebih luas dari terminal lama yakni 120 meter persegi, yang dapat memuat kapasitas hingga 14 ribu penumpang per tahun.

Selanjutnya, Bandara Siboru yang diresmikan pada November 2023 lalu, memiliki luas terminal 4.600 m² yang dapat menampung hingga 153.945 penumpang per tahun.

Kemudian, Bandara Mentawai memiliki terminal penumpang berukuran 1600 m2 yang mampu menampung penumpang sekitar 53 ribu lebih penumpang per tahun.

Dikatakan Budi Karya, kehadiran bandara-bandara ini diharapkan dapat memperlancar mobilitas orang dan barang logistik.

Harapan lebih luasnya, katanya, juga akan mendongkrak potensi pariwisata di daerah masing-masing.

"Dengan terbukanya akses, pergerakan manusia maupun logistik semakin lancar dan diharapkan dapat mendorong tumbuhnya titik ekonomi baru," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA