Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IMMO Minta Pemerintah Evaluasi IUKI IMIP Usai Ledakan Smelter PT ITSS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 25 Desember 2023, 14:05 WIB
IMMO Minta Pemerintah Evaluasi IUKI IMIP Usai Ledakan Smelter PT ITSS
Ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi Tengah/Repro
rmol news logo Insiden ledakan smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah, harus dievaluasi menyeluruh.

Dilaporkan 35 orang menjadi korban dan 13 di antaranya meninggal dunia dalam insiden saat proses pemasangan plat pada tungku smelter berlangsung.

Direktur Eksekutif Indonesian Mining Monitoring (IMMO), Muhamad Ikram Pelesa menegaskan bahwa harus ada pihak yang bertanggung jawab pada peristiwa itu.

"Pemerintah dan aparat penegak hukum harus serius mengusut insiden ledakan smelter PT ITSS," ujar  Ikram Palesa kepada wartawan di Jakarta, Senin (25/12).

Sebagai langkah jangka pendek, katanya, pemerintah harus menghentikan sementara aktivitas kawasan industri tersebut. Termasuk mengevaluasi izin usaha kawasan industri (IUKI) IMIP serta posisi PT ITSS dalam kawasan industri itu.

Atas kelalaian dalam pemeliharaan konstruksi smelter yang mengakibatkan insiden ledakan tersebut, Ikram meminta Polisi memproses hukum Direktur Utama IMIP dan PT ITSS.

Sebab menurutnya, insiden tersebut bisa terjadi karena kelalaian dalam penerapan aturan keselamatan kerja.

"Kami minta Kapolri agar segera memproses hukum Direktur Utama IMIP dan PT ITSS atas kelalaian dalam pemeliharaan konstruksi smelter yang mengakibatkan insiden ledakan tersebut," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA