Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPD RI Berharap Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 21 Desember 2023, 08:57 WIB
Ketua DPD RI Berharap Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi Daerah
Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti saat bertemu dengan ratusan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Kantor Bupati Bojonegoro, Rabu (20/12)/Net
rmol news logo Dana desa harus sedapat mungkin diarahkan untuk mendukung Kabupaten Bojonegoro menjadi penyangga ketahanan pangan dan penghasil minyak dan gas bumi (migas).

Begitu pesan Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti saat bertemu dengan ratusan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Kantor Bupati Bojonegoro, Rabu (20/12).

Dalam pertemuan bertajuk “Otonomi Desa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat” itu, La Nyalla meminta agar dana desa digunakan untuk memperkuat keunggulan kompetitif dan komparatif Bojonegoro.

“Dana desa harus menjadi kekuatan ekonomi. Bukan hanya untuk mencegah urbanisasi, tetapi lebih dari itu, karena sumber daya alam (SDA) dan sumber ketahanan pangan nasional sejatinya berada di desa,” tegasnya.

Sebagai sebuah wilayah, La Nyalla menyebut Bojonegoro memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah penghasil Tembakau Virginia yang disebut-sebut sebagai varian terbaik di dunia.

La Nyalla berharap politik kebijakan dan politik anggaran pemerintah, baik pemerintah kabupaten maupun pemerintahan desa, berorientasi untuk memastikan semua potensi daerah bermuara kepada peningkatan pendapatan asli daerah dan pendapatan masyarakat desa.

"Sekaligus memastikan ancaman dan tantangan yang ada, terutama luapan sungai Bengawan Solo mendapat jalan keluar dan teratasi," saran La Nyalla.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA