Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mentor Politik Anies Sejak Pilkada 2017, Dukungan JK Dongkrak Suara Amin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 20 Desember 2023, 14:27 WIB
Mentor Politik Anies Sejak Pilkada 2017, Dukungan JK Dongkrak Suara Amin
Kebersamaan Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, dengan capres nomor urut 1, Anies Baswedan/Istimewa
rmol news logo Dukungan yang diberikan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, sesungguhnya tidak terlalu mengejutkan.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, sudah jadi rahasia umum kalau JK merupakan mentor utama Anies sejak Pilkada Jakarta 2017 silam.

"Sejak lama publik paham bahwa JK dan Anies memiliki hubungan yang spesial. Terutama saat JK jadi Wapres Jokowi dan Anies jadi menterinya," kata Adi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (20/12).

Kendati begitu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu menyebut, bagaimanapun dukungan dari JK akan punya pengaruh dalam mendongkrak suara jagoan Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

"Secara psikologi politik, dukungan JK juga melipatgandakan semangat pasangan Amin dalam menghadapi Pilpres 2024," sambung Adi.

Jusuf Kalla menyatakan dukungannya kepada pasangan Amin saat menjadi pembicara di depan Jurubicara Kampung Amin bersama Wakil Ketua Timnas Sudirman Said di Islamic Centre IMMIM Makassar, Selasa malam (19/12).

"Boleh dibilang saya mengajarkan politik kepada Anies. Dulu di Universitas Paramadina tiap Jumat kita makan siang bersama-sama," kata Jusuf Kalla. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA