Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenhub Matangkan Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Nataru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 09 Desember 2023, 19:56 WIB
Kemenhub Matangkan Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Nataru
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah)/Ist
rmol news logo Kementerian Perhubungan terus mematangkan koordinasi kebijakan lintas sektoral dalam menyambut penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
 
Begitu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diselenggarakan Polri di Jakarta. Rapat dihadiri sejumlah pihak terkait, di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
 
"Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Nataru bisa terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat, sebagaimana yang kita harapkan bersama," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/12).
 
Dia mengatakan, sejumlah kebijakan telah disiapkan, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur Nataru.

Mulai dari melakukan survei, penyiapan sarana dan prasarana transportasi, melakukan inspeksi (ramp check) untuk memastikan kelaikan sarana dan prasarana transportasi, serta menyiapkan antisipasi terjadinya cuaca ekstrem dan keadaan darurat.
 
Selain itu, sejumlah kebijakan juga dikoordinasikan secara intensif, seperti manajemen rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun non tol, manajemen rest area, pembatasan angkutan barang, pengendalian pasar tumpah, pemanfaatan jembatan timbang sebagai rest area, serta sosialisasi keselamatan berkendara.
 
Lebih lanjut, kata Budi Karya, pihaknya telah menyiapkan program mudik gratis untuk mengantisipasi melonjaknya pengguna sepeda motor yang berpotensi meningkatkan angka kecelakaan di jalan raya.
 
Adapun Kemenhub menyiapkan 2 program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor. Program pertama yaitu menyediakan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata ke 12 rute tujuan untuk mengangkut 3.600 penumpang, dan 4 truk untuk mengangkut 120 unit sepeda motor.
 
Sedangkan, program kedua yaitu menyediakan kereta api untuk mengangkut 696 motor untuk rute Jakarta Gudang-Semarang Tawang (PP).
 
"Program ini memiliki keterbatasan kapasitas, oleh karenanya saya mengimbau semua pihak, perusahaan-perusahaan, swasta, BUMN, TNI, Polri, untuk mengadakan mudik gratis," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA