Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Kuasai Materi, Capres-cawapres Diingatkan Tidak Blunder saat Debat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 08 Desember 2023, 16:57 WIB
Selain Kuasai Materi, Capres-cawapres Diingatkan Tidak Blunder saat Debat
Tiga calon presiden peserta Pilpres 2024/RMOL
rmol news logo Ketiga pasangan capres-cawapres 2024 diyakini sudah siap menghadapi debat yang bakal diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mereka adalah pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pengamat politik Hendri Satrio berpandangan, semua kandidat paslon bisa dengan baik mengikuti debat. Sebab tema dan materi debat sendiri dinilai umum serta bisa dipelajari.

"Apalagi Pak Prabowo sudah kesekian kalinya ikut debat capres. Jadi seharusnya ngelotok di luar kepala," katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/12).

Kendati begitu, founder Lembaga Survei KedaiKOPI yang akrab disapa Hensat itu mengingatkan para kandidat capres-cawapres, dalam debat bukan hanya substansi yang harus ditonjolkan.

Tetapi harus bisa menjaga gestur dan gimmick. Jangan sampai celetukan atau respons yang disampaikan malah berbalik menjadi boomerang yang bisa merugikan.

"Justru yang harus dijaga Capres-cawapres
supaya nggak blunder. Karena kalau itu terjadi, sebagus apapun substansi, kalau ada blunder kacau balau semua," tegas Hensat.

Debat pertama akan digelar Selasa, 12 Desember 2024. Tema debat pertama adalah Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA