Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Munas Kohati XXV Munculkan 2 Ketum, Terjadi Dualisme?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 05 Desember 2023, 20:18 WIB
Munas Kohati XXV Munculkan 2 Ketum, Terjadi Dualisme?
Perolehan suara Reza Purnama yang resmi menjadi Ketua Umum Kohati PB HMI periode 2023-2025/Ist
rmol news logo Musyawarah Nasional (Munas) Kohati XXV Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menuai polemik.

Munas yang digelar di Hotel Grand Kartika, Pontianak, Kalimantan Barat sebelumnya menghasilkan Sri Meisista sebagai Ketua Umum Kohati PB HMI periode 2023-2025 pada pemilihan yang digelar Minggu (3/12).

Namun belakangan muncul dinamika dan sempat diwarnai aksi keluar forum. Munas Kohati ini menetapkan sebanyak 11 kandidat Ketua Umum Kohati PB HMI yang telah lolos verifikasi.

Munas dihadiri sebanyak 219 cabang dan berlangsung dua putaran. Putaran Pertama, Sri Meisista 52 suara, Iik Nurul Fatimah 38 suara, Dri Fia Yolanda  dan Reza Purnama sama sama 32 suara.

Kandidat lainnya, Fifty Ayu Lestari Kosam 26 suara, Risaka 13 suara, Nirwana 10 suara, Masnia Ahmad sebanyak 9 suara, Dini Yulianan Solin 5 suara, dan Khoiratun Niswah tak memperoleh suara.

Hasil kesepakatan forum, para calon yang suaranya tidak mencapai 20 suara, maka dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan pada putaran kedua. Di kondisi ini ada 2 kandidat atas nama Iik Nurul Fatimah dan Fifty Ayu Lestari Kosam melimpahkan suaranya ke Reza Purnama.

Sehingga pada putaran kedua menyisakan 3 nama kandidat, yakni Reza Purnama, Sri Meisista, dan Drifia Yolanda.

Namun pada putaran kedua tidak dihadiri oleh Sri Meisista dan Drifia Yolanda. Dengan kondisi forum dihadiri oleh peserta 50+1, sehingga forum tetap dijalankan yang menghasilkan suara sebanyak 118 pada Reza Purnama, dan dinyatakan sah menjadi Formatur/Ketua Umum Kohati PB HMI Periode 2023-2025. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA