Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Anies, Ribuan Anak Muda Bacakan Piagam Indonesia Pulih 2045

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 25 November 2023, 13:49 WIB
Di Hadapan Anies, Ribuan Anak Muda Bacakan Piagam Indonesia Pulih 2045
Konferensi Anak Muda Pulihkan Indonesia, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan/RMOL
rmol news logo Sejumlah poin perbaikan lingkungan Indonesia disampaikan ribuan anak muda di hadapan Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan dalam Konferensi Anak Muda Pulihkan Indonesia, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/11).

Poin-poin perbaikan lingkungan itu disebut "Piagam Kaum Muda untuk Indonesia Pulih 2045" dan dibacakan 8 anak muda dari atas panggung.

"Untuk kawan-kawan silakan berdiri. Kita akan membacakan 5 butir komitmen orang muda untuk memulihkan Indonesia, saya mewakili dan kawan-kawan mengikuti," ujar salah seorang pemuda berbaju putih di atas panggung.

Mereka berharap, "Piagam Kaum Muda untuk Indonesia Pulih 2045" menjadi perhatian khusus bagi tiga pasangan yang akan bertarung di Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berikut ini isi Piagam Kaum Muda dalam Memulihkan Lingkungan Indonesia:

1. Kami anak muda Indonesia, bersepakat membangun kekuatan kolektif mempertahankan Tanah Air Indonesia, dan ikut memastikan tumbuhnya demokrasi, serta bertumbuhnya keadilan dalam demokrasi

2. Kami akan memastikan negara menyediakan pendidikan yang berkualitas, bebas pembiayaan, mengakomodir pengetahuan lokal, perlindungan sekolah alternatif, serta meningkatkan kesejahteraan pengajar

3. Kami akan selalu meningkatkan penyelenggara negara untuk melindungi segenap tumpah darah dan seluruh bangsa Indonesia dari ancaman risiko bencana ekologis, dan krisis iklim sesuai UUD 1945

4. Kami akan memastikan negara harus segera meninggalkan sistem ekonomi politik pro kapitalisme, dan beralih kepada ekonomi nusantara yang berorientasi kepada konsep ekonomi kerakyatan yang berakar pada kemandirian dan kearifan lokal, perlindungan lingkungan dan sosial sebagai jalan menjawab kemiskinan dan ketergantungan pada utang luar negeri

5. Kami berkomitmen mengawal dan memastikan pemerintahan yang terpilih pada Pemilu 2024, akan menjadikan piagam ini sebagai dasar utama dalam pembentukan kebijakan pengelolaan sumber daya alam, dan penyusunan rancangan pembangunan jangka panjang, untuk mencapai visi Indonesia pulih 2045.

Konferensi Anak Muda Pulihkan Indonesia sejatinya mengundang tiga pasang capres-cawapres. Namun hanya Capres Anies Baswedan yang memenuhi undangan.
rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA