Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Kemitraan Indonesia-UEA Penting bagi Pembangunan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 24 November 2023, 22:54 WIB
Menko Airlangga: Kemitraan Indonesia-UEA Penting bagi Pembangunan Indonesia
Acara The 52nd National Day Reception of The United Arab Emirates di Jakarta, Jumat (24/11)/Net
rmol news logo Hubungan diplomatik Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) yang telah berlangsung sejak tahun 1976 diharapkan terus berjalan baik untuk mendukung pembangunan dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, UEA merupakan mitra investasi strategis Indonesia di Timur Tengah.

"Salah satu perjanjiannya yakni proyek PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 November 2023,” ujar Airlangga dalam acara The 52nd National Day Reception of The United Arab Emirates di Jakarta, Jumat (24/11).

Tahun lalu, UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua di antara negara-negara Timur Tengah dengan total perdagangan 5,06 miliar dolar AS. UEA juga telah menjadi salah satu pasar utama bagi Indonesia dengan minyak sawit menjadi komoditas ekspor terpenting.

Menko Airlangga mengatakan, kerja sama ini menunjukkan komitmen kedua negara di bidang energi terbarukan. Di samping itu, masih terdapat ruang yang luas untuk upaya bersama dalam meningkatkan volume perdagangan dan menjaga keseimbangan perdagangan.

Lebih lanjut, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-UEA (IUAE-CEPA) yang telah ditandatangani pada tanggal 1 Juli 2022 dan telah diterapkan sejak 1 September 2023, diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke UEA sebesar 4,2 miliar dolar AS dan meningkatkan impor dari UEA sebesar 4 miliar dolar AS pada 2030.

Kedua negara berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih luas, terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, industri pertahanan, dan energi terbarukan.

“Saya juga senang bahwa UEA telah dianugerahkan sebagai Mitra Dialog Sektoral ASEAN pada pertemuan Menteri Luar Negeri ke-55 ASEAN pada 3 Agustus 2022 di Phnom Penh, Kamboja," jelas Airlangga.

Di tingkat global, kedua negara juga memainkan peran penting dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Lebih jauh, KTT Luar Biasa OKI baru-baru ini diadakan di Riyadh, Arab Saudi, sebagai respon terhadap krisis di Gaza, Palestina.

“Sebagai penutup, izinkan saya sekali lagi dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk perayaan Hari Nasional Uni Emirat Arab ke-52 ini, seiring kita terus memperkuat ikatan antara kedua negara di tahun-tahun mendatang,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia dan ASEAN, Wakil Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Pj Gubernur DKI Jakarta. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA