Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangani Perubahan Iklim, Anies Gagas Lembaga Khusus Monitoring

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 23 November 2023, 21:20 WIB
Tangani Perubahan Iklim, Anies Gagas Lembaga Khusus Monitoring
Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, menunjukkan keseriusannya dalam upaya mengatasi persoalan perubahan iklim.

Keseriusan itu disampaikan Anies, saat menghadiri diskusi bertajuk Rembuk Ide Transisi Energi Berkeadilan, yang digelar The Habibie Center, di Hotel Le Meridien, Jalan Jenderal Sudirman Kav 18-20, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Kamis (23/11).

Anies menyatakan, penanganan krisis iklim tidak bisa diselesaikan secara sektoral. Perlu ada badan khusus yang bertugas melakukan monitoring terhadap krisis iklim.

Dia mencontohkan beberapa negara di dunia yang lebih dulu membuat badan dan lembaga khusus di bidang penanganan perubahan iklim, seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, India, Bangladesh, dan Selandia Baru.

 "Jadi bukan badan yang mengeksekusi, karena yang bertugas melakukan eksekusi itu sudah ada kementerian, ada dinas-dinas terkait yang ada di provinsi, dan kabupaten/kota," tegasnya.

Capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu juga mengatakan, saat ini Indonesia telah memiliki komitmen tingkat global terhadap persoalan iklim dan energi baru terbarukan, yang pelaksanaanya melalui lembaga yang sudah ada.

"Dengan kehadiran lembaga atau badan baru, kepala pemerintahan bisa memastikan solusi-solusi, evaluasi energi baru terbarukan itu bisa dilaksanakan dengan optimal, karena ada tim khusus yang melakukan pemantauan, pendampingan, untuk memastikan program terlaksana di lapangan," papar Anies.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA