Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Distribusi Logistik Pemilu, Helikopter TNI AU Siap Sasar Daerah Sulit Dijangkau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 23 November 2023, 17:29 WIB
Distribusi Logistik Pemilu, Helikopter TNI AU Siap Sasar Daerah Sulit Dijangkau
Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsdya TNI Gustaf Brugman di Gedung Puri Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/11)/RMOL
rmol news logo Distribusi logistik Pemilu Serentak 2024 akan dilakukan melalui jalur udara. Terkait itu, TNI Angkatan Udara (AU) telah menyiapkan beberapa unit helikopter untuk pelaksanaannya.

Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsdya TNI Gustaf Brugman menjelaskan, persiapan transportasi udara untuk pengiriman logistik Pemilu 2024 telah dikoordinasikan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Dia mengungkapkan, unit helikopter disiapkan untuk mengantisipasi situasi darurat dalam pengiriman logistik pemilu.

“Suka tidak suka pasti nanti akan ada dadakan-dadakan permintaan. Itu akan menjadi blunder di kegiatan kalau tidak terdukung pergeseran logistik tadi terutama yang di daerah ‘susah dijangkau’ (terpelosok),” ungkap Gustaf dalam Apel Komandan Satuan TNI AU 2023, di Gedung Puri Ardhya Garini, Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/11).

Dia mengutarakan, untuk saat ini proses persiapan helikopter yang akan disiagakan masih dilakukan TNI AU, sehingga belum bisa disebutkan jumlahnya.

Namun, Gustaf memastikan kesiapan TNI AU mendistribusikan logistik mulai dilakukan tahun depan, dan akan memprioritaskan pesawat transportasi untuk dukungan kepemiluan.

Sehingga, hingga hari ini TNI AU masih mengkoordinasikan dan permintaan khusus dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk kebutuhan transportasi.

“Kami juga belum tahu tapi kayaknya KPU sedang bekerja keras karena jadwalnya banyak dimajukan, tetapi kita mengantisipasi permintaan tadi," demikian Gustaf menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA