Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Gaet Suara Milenial, Pasangan Prabowo-Gibran Diyakini Menang Satu Putaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 21 November 2023, 21:58 WIB
Sukses Gaet Suara Milenial, Pasangan Prabowo-Gibran Diyakini Menang Satu Putaran
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka/RMOL
rmol news logo Indonesia Network Election Survey (Ines) kembali melakukan survei terkait Pilpres 2024 terjadi dua putaran.

Direktur Eksekutif Ines, Andri Gunawan mengatakan, survei dilakukan pada 1-13 November 2023 dengan jumlah responden 2200 yang tersebar di 469 kabupaten/kota di Indonesia. Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 2,09 persen.

Tingkat keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 17-35 tahun untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (41,1 persen), Ganjar Pranowo- Mahfud MD (38,8 persen) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (13,6 persen). Sementara responden yang tidak memilih (6,5 persen).

Tingkat keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 36 tahun ke atas untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (39,4 persen), Ganjar Pranowo- Mahfud MD (39,1 persen)  dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (15,4 persen). Sementara responden yang tidak memilih (6,1 persen).

Menurut Andri Gunawan dari hasil survei itu berpotensi dua putaran. Dia mengatakan, pengaruh Gibran pada pemilih segmen usia 17-35 tahun memberikan dampak keterpilihan yang sangat produktif terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Menanggapi hasil survei Ines, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto mengatakan, pengaruh Gibran itu sangat potensial untuk menjadi pemenang dalam kontestasi pilpres 2024.

Sosok Gibran itu sebenarnya merupakan pengejawantahan dari sosok Jokowi sehingga banyak pemilih yang setia (ke Jokowi) beralih ke Gibran.

"Saya selalu mengamati di linimasa media sosial baik-baik dari kalangan generasi milenial maupun gen Z rerata memberikan dukungan kepada Gibran," kata Bambang kepada wartawan, Selasa (21/11).

Bambang menyebutkan, jika melihat hasil survei Ines, melihat peluang Prabowo-Gibran mendapatkan suara lebih besar.

"Hal itu Karena Gibran telah menjadi ikon dari generasi internet dan kaum muda. Ini yang tidak dimiliki oleh pasangan Ganjar dan Anies, sehingga saya meyakini ini justru bisa satu putaran," ucap Bambang.

“Meskipun banyak pihak yang meragukan dengan sosok Gibran yang masih muda. Tapi perlu diingat bahwa pendukung dan relawan setia dari Jokowi akan tetap mendukung keluarga Jokowi yang artinya Gibran," jelasnya.

Sementara di wilayah pedesaan tidak semua pemilih sepakat dengan Ganjar, karena banyak pemilih di pedesaan itu pendukung Jokowi.

"Artinya para pendukung setia Jokowi akan memilih figur yang paling dekat dengan Jokowi. Apalagi Kaesang juga menyatakan mendukung Gibran. Ini bukti nyata bahwa Jokowi itu merestui putranya untuk melaju dalam pilpres 2024," imbuh dia.

Bambang menjelaskan,tentu ini sangat berbahaya bagi kandidat lain. Karena  akan melawan pendukung Jokowi yang cukup solid.

"Di linimasa media sosial saya melihat banyak pendukung lama Jokowi yang menyerang Gibran. Justru ini akan menjadi blunder bagi mereka. Publik akan memberikan apresiasi kepada Gibran. Jadi menurut saya hadirnya Gibran itu memberikan dampak signifikan bagi Prabowo untuk menang dalam pilpres 2024," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA