Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Parlok Aceh Dukung Amin, Pengamat: Ada Kepentingan Kursi Legislatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 03 November 2023, 16:16 WIB
3 Parlok Aceh Dukung Amin, Pengamat: Ada Kepentingan Kursi Legislatif
Dukungan 3 partai politik lokal Aceh untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam acara Anies Saweu Aceh di Lapangan Bumi Gas, Tanah Luas, Aceh Utara, Rabu (1/11)/RMOLAceh
rmol news logo Dukungan 3 partai lokal Aceh kepada pasangan bakal capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dinilai sebagai strategi untuk mendapatkan kursi legislatif Aceh.

“Jadi dukungan tiga partai (lokal) ini, lebih kepada mengikat stabilitas di tahun 2024, dan menjadikan magnet Anies untuk kepentingan legislatif,” ujar pengamat politik Universitas Syiah Kuala (USK), Effendi Hasan, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Jumat (3/11).

Tiga partai lokal Aceh yang telah merapat ke kubu Anies-Muhaimin adalah Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Adil Sejahtera (PAS), dan Partai Darul Aceh (PDA).

Effendi menambahkan, dukungan partai lokal kepada salah satu pasangan calon presiden adalah hal yang lumrah terjadi. Di mana parpol menyatakan dukungan karena memiliki landasan filosofi dan ideologi dengan sosok yang didukung.

“Mereka itu mendukung Anies mungkin dalam konteks satu program yang akan dijalankan oleh Anies nantinya terutama untuk Aceh,” jelasnya.

Menurut Effendi, jika memang tidak sejalan, tentunya ada kepentingan politik, yaitu untuk mendongkrak suara partai tersebut pada Pemilu 2024 mendatang.

Lebih jauh Effendi melihat, dukungan tiga partai lokal ini kepada Koalisi Perubahan adalah bersifat politis. Sebab, jika dilihat dari konteks ideologi, kedua belah pihak tidak memiliki persamaan yang terlalu dominan.

“Terutama dukungan masyarakat untuk Anies, ini mereka mengambil magnet Anies untuk mendongkrak (suara) partai di 2024,” katanya.

Sebelumnya, tiga partai politik lokal (parlok) di Aceh mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada Pemilihan Presiden (Pipres) 2024.

Deklarasi yang turut dihadiri Anies dan partai politik (parpol) pendukung lainnya tersebut berlangsung dalam acara Anies Saweu Aceh di Lapangan Bumi Gas, Tanah Luas, Aceh Utara, Rabu kemarin (1/11).

Pasangan Anies-Cak Imin telah diusung oleh gabungan parpol. Yaitu Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Umat. Pasangan ini mengusung visi perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA