Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Lebih Tinggi dari Lembaga Hukum Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 20:57 WIB
Survei: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Lebih Tinggi dari Lembaga Hukum Lain
Kejaksaan Agung RI/Net
rmol news logo Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan RI meningkat dan menjadi yang paling tinggi dibanding lembaga hukum lain.

Merujuk survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 16 sampai 20 Oktober 2023, tingkat kepercayaan terhadap Kejaksaan mencapai 75,1 persen.

“Jika melihat data, Kejaksaan berada di posisi tertinggi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik,” kata peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo saat memaparkan hasil survei secara virtual, Kamis (26/10).

Di bawah Kejaksaan, ada Pengadilan dengan tingkat kepercayaan 73 persen. Menyusul Polri dengan 72 persen, dan KPK 67 persen.

Secara keseluruhan lembaga negara, Korps Adhyaksa berada di posisi keempat. Posisi pertama ada TNI dengan tingkat kepercayaan 93,7 persen. Posisi kedua ada Presiden dengan 90,4 persen, dan Mahkamah Konstitusi 79 persen.

Ada beberapa alasan yang membuat Kejaksaan mendapat kepercayaan publik cukup tinggi, salah satunya kinerja Kejaksaan dalam mengungkap kasus-kasus korupsi melibatkan kementerian.

Survei Indikator ini dilakukan pada 16 sampai 20 Oktober 2023 dengan melibatkan 2.567 responden yang diwawancara tatap muka secara langsung. Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA