Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digadang-Gadang Bakal Jabat Mentan, AHY Langsung Concern Ngomong Pertanian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 24 Oktober 2023, 16:14 WIB
Digadang-Gadang Bakal Jabat Mentan, AHY Langsung <i>Concern</i> Ngomong Pertanian
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/RMOL
rmol news logo Usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), tersebar rumor Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menduduki jabatan sebagai Menteri Pertanian RI.

Rumor tersebut disertai dengan adanya wacana reshuffle yang sudah beredar jauh hari. Terlebih usai penetapan tersangka Syahrul Yasin Limpo oleh KPK, isu reshuffle untuk menempati posisi menteri pertanian kian mengemuka.

Diawali dengan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Bogor, pada awal bulan Oktober, wacana Demokrat masuk dalam kabinet semakin santer.

Kemudian AHY juga diinfokan telah bertemu dengan Presiden Jokowi baru-baru ini. Jokowi pun berkelit dan menegaskan hanya silaturahmi saja.

Jokowi pun mengungkapkan akan melakukan reshuffle menteri pada minggu ini. Jokowi menyiapkan posisi menteri pertanian.

"Mungkin minggu ini, baru disiapkan," kata Jokowi kepada wartawan di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10)

Dengan tegas ketika ditanya pos menteri apa saja yang akan direshuffle. Jokowi langsung menyebut menteri pertanian.

Di saat bersamaan, AHY langsung membicarakan komitmen partainya mengenai kemajuan pertanian lokal lewat unggahan foto di Instagram milik pribadinya.

AHY mengunggah foto dan video saat berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur. AHY tak menyebutkan kapan kegiatan itu dilakukan.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel Malang! Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur," tulis AHY dalam keterangan unggahannya.

Jika benar AHY menjadi menteri pertanian, maka sejumlah tantangan menjadi bebannya. Terutama mengenai ketahanan pangan dan kestabilan harga pangan di tengah fenomena el nino.

AHY sendiri tak punya background pertanian dalam studinya. Namun kemampuan manajerial putra sulung SBY itu bisa terlihat jelas kala memimpin Partai Demokrat.

Sang Ayah yang juga menyandang gelar doktor ekonomi pertanian, kemungkinan besar akan membantu AHY jika benar dilantik menjadi Mentan RI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA