Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AHY Minta Konflik Hamas-Israel Dihentikan dan Akar Permasalahannya Diselesaikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 09 Oktober 2023, 16:50 WIB
AHY Minta Konflik Hamas-Israel Dihentikan dan Akar Permasalahannya Diselesaikan
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/Ist
rmol news logo Eskalasi konflik antara Kelompok Militan Palestina, Hamas, dengan Israel yang tengah meningkat di Jalur Gaza, harus dihentikan. Pasalnya, kedua kubu saling berbalas serangan dan mengakibatkan korban jiwa.

Karena itulah, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyerukan agar konflik tersebut dihentikan dan dicari akar permasalahannya.

“Tragedi kemanusiaan di Gaza akibat konflik terbuka antara Hamas dan Israel harus segera dihentikan. Upaya gencatan senjata dan pengakhiran kekerasan menjadi suatu keharusan, di tengah semakin banyaknya korban sipil yang berjatuhan. Juga berpotensi memicu ketegangan yang lebih besar di kawasan dan dunia,” seru AHY, dalam keterangannya, Senin (9/10).

“Pengalaman saya saat menjadi pasukan perdamaian PBB di wilayah perbatasan Lebanon-Israel, konflik akan terus tereskalasi jika akar permasalahan tidak kunjung diselesaikan,” sambungnya.

AHY juga berpendapat bahwa eskalasi konflik yang terjadi saat ini tidak terlepas dari diabaikannya prinsip keadilan sebagai pilar utama perdamaian, juga dalam solusi dua negara yang selama ini diupayakan.  

Ke depan, AHY berharap Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Melalui strategi multitrack diplomacy, Indonesia harus konsisten terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina, dan segera ikut meredam ketegangan antarelemen kekuatan yang bisa memicu perang lanjutan yang jauh lebih besar,” harapnya.

“Kami juga mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk terus melakukan langkah-langkah strategis dan taktis yang diperlukan, khususnya memberikan perlindungan bagi WNI di wilayah konflik. Peace and order must be restored!” demikian AHY. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA