Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Dialog pada Perundingan IPEF ke Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 06 Oktober 2023, 11:29 WIB
Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Dialog pada Perundingan IPEF ke Depan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Memasuki paruh keempat tahun 2023, Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Trade of Representatives (USTR) kembali menginisiasi Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) dalam upaya penyelesaian perundingan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), yang digelar secara virtual, Kamis (5/10).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hadir mewakili Pemerintah Indonesia dalam pertemuan yang membahas perkembangan berbagai klaster perundingan di Pilar I, yakni perdagangan, serta merencanakan agenda di tahun 2024.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Ambassador USTR Katherine Tai, 13 negara mitra IPEF hadir kecuali India yang tidak tergabung dalam Pilar I.

Pada sesi awal, Ambassador Katherine Tai memberikan apresiasi terhadap negara mitra atas berbagai kemajuan dalam IPEF sejak peluncurannya pada bulan Mei 2022 hingga saat ini. Amerika Serikat menargetkan beberapa klaster dalam Pilar I IPEF untuk dapat diselesaikan  pada bulan November 2023.

Perihal agenda IPEF tahun 2024, Ambassador Katherine Tai menyampaikan harapan agar perundingan ke depan dapat fokus untuk menyelesaikan sejumlah klaster yang tersisa dan melakukan implementasi aktivitas kerjasama lainnya.

Menanggapi paparan Ambassador Katherine Tai, Menko Airlangga menyampaikan apresiasinya atas kemajuan dan fleksibilitas dari semua negara mitra IPEF dalam perundingan selama ini.

“Bantuan teknis dan kerja sama ekonomi sangat penting dalam mewujudkan implementasi komitmen standar tinggi yang diinginkan IPEF,” ujar Airlangga.

Mencatat berbagai kemajuan signifikan dalam berbagai klaster IPEF, Indonesia menekankan  fleksibilitas dalam perundingan dan perwujudan manfaat nyata dari Pilar I.

Airlangga juga menekankan pentingnya dialog dalam perwujudan kerjasama critical minerals, dan berharap hal ini dapat dibicarakan pada perundingan putaran ke-6 IPEF di Kuala Lumpur, Malaysia.

Secara umum, negara partisipan IPEF mendukung penyelesaian beberapa klaster pada bulan November 2023.

Selama ini negara anggota IPEF menyatakan dukungan terhadap proyek technical assistance, investor forum, skill upscalling networking dan capacity building sebagai bentuk manfaat nyata yang dapat diraih bersama secara cepat.

Sebagai informasi, Perundingan IPEF ke-6 di Kuala Lumpur akan berlangsung pada pertengahan bulan ini. Sementara itu, putaran perundingan selanjutnya dan PTM IPEF berikutnya kemungkinan akan digelar pada bulan November 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.