Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eros Djarot sebut Oligarki The Real Winner Pemilu Bukan Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 05:15 WIB
Eros Djarot sebut Oligarki <i>The Real Winner</i> Pemilu Bukan Parpol
Budayawan Eros Djarot/Repro
rmol news logo Pemilu sepertinya bukan untuk rakyat bila ada pihak yang enggan keluar dari zona nyaman. Sebaliknya, malah menggunakan kekuasaan untuk merangkul pihak-pihak tertentu untuk kepentingan golongan bukannya rakyat.

Adalah oligarki yang diduga mencoba mengatur Pemilu untuk kepentingan mereka. Padahal, sejatinya partai politik itulah yang menjadi sarana serta penghubung bagi pemerintah dan rakyatnya.

Pandangan itu disampaikan Budayawan Eros Djarot dalam acara Satu Meja di Kompas TV beberapa hari lalu, yang dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (5/10).

"Artinya zona nyaman yang sudah mereka kuasai harus dipertahankan nah yang saya lihat makanya saya enggak tahu, mungkin saya berbeda sebetulnya perlombaan ini semua itu kan the real winner bukan partai-partai kok, para oligarki itu the real winner dalam konteks hari ini," kata Eros.

Menurut Eros, pengaruh oligarki saat ini bisa dilihat dari beberapa hasil survei, dimana hanya partai-partai itu saja yang menonjol.

"Apa yang kita lihat sehari-hari pendekatakan legal formalistik yang menang ya PDIP mungkin nanti Gerindra tapi who is the real winner? Sudah kita bisa baca dari ulah para petinggi politik hari ini," kata Eros.

Karena itulah, Eros justru bertanya tujuan dari Pemilu itu sendiri yang sejatinya dibuat untuk mensejahterakan rakyat.

"Pemilu atau pesta demokrasi ini pestanya rakyat atau petinggi partai?" tanya Eros.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA