Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gaya Bicara Anies Dianggap Muter-muter dan Teoritis, Refly Harun: Tipikal Dialogis, Bukan Teriak-teriak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 02 Oktober 2023, 14:38 WIB
Gaya Bicara Anies Dianggap Muter-muter dan Teoritis, Refly Harun: Tipikal Dialogis, Bukan Teriak-teriak
Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan/Repro
rmol news logo Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, dinilai banyak pihak memiliki kemampuan public speaking yang sangat baik.

Terlebih saat berbicara di forum akademis atau kampus, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu tampak luwes dan lebih percaya diri dalam menyampaikan pandangannya.

Menurut pengamat politik Refly Harun, Anies tampak sangat menikmati ketika berbicara di forum ilmiah karena memiliki konsep dan pemikiran yang siap untuk dibagikan.

"Tipikal Anies bukan teriak-teriak, tapi dialogis," kata sosok yang akrab disapa RH itu seperti dikutip redaksi melalui kanal YouTube miliknya, Senin (2/10).

Lanjut Refly, jika dibandingkan dengan bakal capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto, gaya bicara Anies sangat berseberangan. Sebab Prabowo memiliki gaya bicara yang frankly speaking seperti halnya Megawati Soekarnoputri.

"Model Megawati pidato yang berjarak tidak dialogis. Cenderung monolog. Tidak cocok juga bagi Prabowo Subianto yang modelnya sama seperti Megawati," ungkap Refly.

Sementara Refly melihat gaya bicara bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, juga terbilang luwes. Meski begitu, Ganjar dinilai banyak blunder dengan merendahkan lawan bicaranya.

"Tetapi dalam lingkungan tertentu orang seperti Anies dinilai muter-muter. Dianggap terlalu teoritis. Padahal dia ingin menjelaskan setuntas-tuntasnya," tandas Refly Harun. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA