Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda dengan Cak Imin, Legislator Nasdem Sebut Food Estate Tidak Gagal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 29 September 2023, 18:37 WIB
Beda dengan Cak Imin, Legislator Nasdem Sebut Food Estate Tidak Gagal
Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago/Ist
rmol news logo Program sentra pangan nasional atau food estate yang digulirkan pemerintah tidak bisa dikatakan gagal. Sebab ini merupakan program jangka panjang sehingga hasilnya tidak bisa instan.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Irma Suryani. Pernyataan Irma ini justru bertolak belakang dengan bakal cawapres yang diusung partainya bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Muhaimin Iskandar.

“Saya berpendapat tidak bisa dikatakan program ini gagal, hanya karena saat ini produksi beras turun yang kemudian berakibat harga beras naik,” ujar Irma lewat keterangan resminya, Jumat (29/9).

Irma mengatakan, kekeringan akibat El Nino menyebabkan petani tidak bisa menanam. Kondisi inilah yang mengakibatkan produksi dalam negeri turun dan akibatnya harga beras naik.

“Sementara food estate masih berproses, cetak sawah baru, kan, harus di-support dengan irigasi. Selain itu, food estate juga bukan melulu sawah untuk padi, tetapi juga untuk palawija,” urainya.

Legislator Nasdem itu mendorong pemerintah untuk membuat irigasi yang modern karena problem utama pertanian adalah irigasi dan pupuk. Hal itu diperlukan agar food estate bisa menghasilkan padi dan palawija sesuai target jangka panjang.

“Di masa pandemi Kementan salah satu sektor yang mampu tumbuh. Jangan juga prestasi itu dinafikan, karena pertanian kita masih bergantung pada kondisi cuaca alam,” tukas Irma.

Bakal Cawapres Muhaimin Iskandar meminta pemerintah mengevaluasi program tersebut dan membuat program ketahanan pangan yang baru dengan melibatkan masyarakat, khususnya petani.

"Food estate terbukti gagal, Maka jalan cepat yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tanah-tanah pertanian punya rakyat, diorganisir dengan manajemen bisnis raksasa pangan nasional," ujar sosok yang akrab disapa Cak Imin itu usai menjadi pembicara di  Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (27/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA