Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polling Lembaga Riset Senopati Syndicate: Mahfud MD Jadi Cawapres Pilihan Netizen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 22 September 2023, 01:17 WIB
Polling Lembaga Riset Senopati Syndicate: Mahfud MD Jadi Cawapres Pilihan Netizen
Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menjadi tokoh yang memperoleh suara paling tinggi sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pilihan netizen atau warganet.

Hal itu merupakan hasil polling yang dilakukan Lembaga Riset Senopati Syndicate selama 10 hari sejak Kamis (7/9) hingga Sabtu (16/9) di berbagai kanal media sosial.

Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara mengatakan, dari total 135 ribu responden netizen, Mahfud MD memperoleh suara paling tinggi, yakni sebanyak 37.857 atau sebesar 28 persen.

"Kemudian Ridwan Kamil dan Gibran Raka Buming Raka bersaing ketat dalam perolehan suara polling. Ridwan di posisi kedua sebanyak 19.837 atau 15 persen, dan Gibran di posisi ketiga sebanyak 19.297 atau 14 persen," kata Robi saat memaparkan hasil pollingnya di Cafe Playmaker, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/9).

Posisi berikutnya, kata Robi, yakni Erick Thohir sebanyak 17.947 atau 13 persen, Khofifah Indar Parawansa sebanyak 13.087 atau 10 persen, Yusril Ihza Mahendra 9.617 atau 7 persen, Muhaimin Iskandar 8.376 atau 6 persen, Sandiaga Uno 4.650 atau 3 persen, Airlangga Hartarto 2.787 atau 2 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 1.545 atau 1 persen.

Pilihan netizen kepada Mahfud MD, ulas Robi, dimungkinkan terkait dengan sepak terjangnya pada isu-isu pro publik yang mendapatkan perhatian netizen.

Seperti kasus Ferdy Sambo dan Brigadir J, transaksi janggal di Kementerian Keuangan, mendampingi siswa bernama Syarifah Fadiyah yang dipolisikan oleh Pemkot Jambi karena diduga mengkritik, kasus Ponpes Al Zaitun pimpinan Panji Gumilang, dan lainnya.

"Mahfud sepertinya juga akan menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo yang mana kubu Ganjar akan mendapatkan dua keuntungan," terang Robi.

Masih kata Robi, kepercayaan netizen terhadap Mahfud, diyakini bisa memperkuat basis pemilih dari Jawa Timur dan kelompok Nahdlatul Ulama (NU).

Pasalnya, Mahfud merepresentasikan NU dan mampu memecah mobilisasi pemilih hanya ke Muhaimin Iskandar yang saat ini sudah menjadi Bacawapres dari Capres Anies Baswedan.

Sedangkan Ridwan Kamil, Gibran Rakabuming Raka, dan Erick Thohir, salah satunya dimungkinkan berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Nama-nama bakal cawapres yang akan dipilih oleh Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dimungkinkan akan mengerucut pada 4 nama, yakni Mahfud MD, Ridwan Kamil, Gibran Rakabuming, dan Erick Tohir," jelasnya.

"Mahfud dimungkinkan akan menjadi kandidat terkuat dari Ganjar Pranowo. Sementara kandidat bakal cawapres Prabowo, jika Gibran bersedia menjadi pasangannya, maka pilihan itu akan jatuh pada Gibran ketimbang Ridwan Kamil atau Erick Tohir," pungkas Robi.

Polling ini dilakukan hanya mengajukan satu pertanyaan, yakni "Siapakah bakal calon wakil presiden pilihan anda (netizen)?". Sementara jawaban nama-nama bakal cawapres sudah ditentukan oleh pembuat polling, yakni 10 tokoh, yang mana nama-nama mereka sudah masuk dalam bursa cawapres sebagaimana di banyak pemberitaan media.

Lembaga Riset Senopati Syndicate merekrut 100 orang sukarelawan untuk menyebarkan angket polling ke banyak grup di sosial media, seperti Facebook, Whatsapp, Telegram, Tiktok, dan lain sebagainya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA