Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LSI Denny JA: Prabowo Unggul di NU, Anies di Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 19 September 2023, 18:58 WIB
LSI Denny JA: Prabowo Unggul di NU, Anies di Muhammadiyah
Pemaparan hasil survei terbaru LSI Denny JA terkait Pilpres 2024/Repro
rmol news logo Tingkat keterpilihan tiga bakal calon presiden (Bacapres) dari segmen pemilih Islam diuji Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Dari dua organisasi massa (ormas) Islam terbesar di Indonesia, yang bersaing ketat adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers hasil survei LSI Denny JA di Kantornya, di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (19/9).

Dia menjelaskan, dari jumlah pemilih muslim Indonesia yang berjumlah 87,4 persen, sebesar 56,9 persen merupakan warga Nahdlatul Ulama (NU), sementara warga Muhammadiyah hanya sebanyak 5,7 persen.

Ardian memaparkan, dari total warga NU yang disurvei mayoritas memilih Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang diusung sebagai calon presiden (Capres) oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang juga diisi Partai Golkar dan PAN.

"Bagian yang merasa NU, pilihan capresnya Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar, Prabowo unggul sangat tipis. Sebesar 36,2 persen memilih Prabowo. Sebesar 35,5 persen memilih Ganjar. Sebesar 17,9 persen memilih Anies," paparnya.

Posisi terbalik, diungkap Ardian, terdapat pada hasil survei responden warga Muhammadiyah. Di mana, Anies lebih unggul dari Prabowo dan Ganjar.

"Di Muhammadiyah, Anies yang unggul. Anies meraih dukungan sebesar 45,2 persen, Ganjar berada di urutan kedua sebesar 33,0 persen, dan Prabowo sebesar 20,8 persen," urainya.

Selain dari NU dan Muhammadiyah, LSI Denny JA juga mencatat tingkat keterpilihan tiga sosok kandidat Pilpres 2024 tersebut dari kalangan ormas Islam lainnya yang berjumlah 33,8 persen dari total jumlah muslim Indonesia.

"Di ormas Islam lainnya, Prabowo unggul dengan dukungan sebesar 29,8 persen, kemudian Anies sebesar 19,9 persen, dan Ganjar 14,5 persen," demikian Ardian.

Dalam survei kali ini, LSI Denny JA menggunakan Multistage Random Sampling, yang melibatkan 1.200 responden di seluruh wilayah Indonesia.

Teknik pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner sejak 1 hingga 8 Agustus 2023 dengan margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 97 persen. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA