Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kejadian di Rempang Tak Boleh Terulang, Cak Imin: Investasi Jangan Rugikan Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 18 September 2023, 14:29 WIB
Kejadian di Rempang Tak Boleh Terulang, Cak Imin: Investasi Jangan Rugikan Masyarakat
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Pemerintah wajib memastikan bahwa investasi tidak menyengsarakan rakyat. Tetapi sebaliknya, memberikan manfaat yang lebih merata.

Hal ini diungkap Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menanggapi konflik di Rempang, Batam, Kepulauan Riau, akibat aktivitas pematokan tanah sebagai bagian dari memuluskan proyek Rempang Eco City.

"Rempang ini pelajaran yang tidak perlu terulang," kata sosok yang akrab disapa Cak Imin itu usai menghadiri Wisuda Unesa, Surabaya, Senin (18/9).

Bakal cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu melanjutkan, investasi seharusnya disiapkan dengan kesadaran penuh masyarakat secara bersama-sama.

"Tidak boleh investasi merugikan masyarakat setempat. Tetapi justru memberikan berkah dan manfaat buat masyarakat setempat," tegasnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra itu meminta pemerintah untuk mengedepankan dialog dan sikap humanis serta tidak melakukan tindakan represif.

"Sama-sama merasa untung, sama-sama mendukung dari proses sosialisasi, diskusi, pendekatan yang baik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga menolak relokasi dan penggusuran terhadap kelompok masyarakat adat Kampung Melayu Tua di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

Program Strategis Nasional Kawasan Rempang Eco-City seolah telah menggusur mereka yang sudah menempati tanah adat Melayu Tua itu sejak 1834 silam.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA